Apa yang dimaksud HSBC dengan kesulitan
keuangan?
Kesulitan Keuangan terjadi ketika Anda berada dalam situasi dimana Anda tidak
memiliki kemampuan untuk membayar tagihan bulanan atas fasilitas kredit HSBC (Kartu
Kredit ataupun Personal Loan) sesuai dengan perjanjian kredit dan kewajiban
finansial lainnya.
Kesulitan keuangan dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama atau hanya sementara,
tergantung dari kondisi Anda pribadi yang dapat disebabkan oleh:
- Sakit atau kecelakaan
- Tidak bekerja atau menurunnya pendapatan dan/ atau tunjangan lembur
- Kematian dari pihak peminjam lainnya atau kematian anggota keluarga
- Bisnis macet
- Ganti rugi pekerja
- Perceraian
Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, silakan kunjungi halaman HSBC Kesulitan
Keuangan untuk informasi lebih lanjut.
Bantuan apa saja yang bisa diberikan?
Bantuan kesulitan keuangan yang ditawarkan oleh HSBC dapat berbeda-beda untuk setiap
nasabah, termasuk namun tidak terbatas dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut:
- Kondisi Anda secara individu, kebutuhan dan kondisi keuangan Anda pada saat
terjadinya hal-hal atau perubahan tak terduga yang mempengaruhi keadaan pribadi
maupun finansial Anda.
- Jenis fasilitas kredit yang Anda miliki dengan kami (sebagai contoh kartu kredit
atau pinjaman).
- Apakah jangka waktu dari dampak perubahan terhadap kondisi keuangan Anda sudah
diketahui .
- Posisi komersial dari Bank, seperti memastikan konsistensi dari kesulitan,
penagihan, resiko kredit dan kebijakan kepatuhan serta aturan-aturan lain yang
berdampak pada reputasi dan dampak lainnya.
Bantuan atau program keringanan yang akan diberikan akan ditinjau kasus demi kasus,
seperti, memperpanjang jangka waktu pembayaran dari kontrak awal dan mengurangi
jumlah tagihan bulanan dari kontrak awal.
- Pengurangan jumlah tagihan bulanan melalui penyesuaian bunga dan/atau
memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan dari kontrak awal.
- Pengurangan jumlah tagihan melalui penghapusan beberapa biaya bunga dan/atau
denda keterlambatan.
- Program lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Pilihan-pilihan bantuan tersebut diatas dapat ditawarkan Bank apabila Anda telah
memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh Bank untuk mengikuti program bantuan dan
Anda akan dapat memenuhi kewajiban Anda sesuai dengan perjanjian jangka panjang atau
kontrak yang baru, sehingga Anda dapat menjaga status kolektabilitas Anda di Sistem
Layanan Informasi Keuangan (SLIK).
Bagaimana cara saya mengajukan permohonan
bantuan untuk kesulitan keuangan?
HSBC menyediakan berbagai cara agar Anda bisa mendiskusikan dan mengajukan bantuan
kesulitan finansial Anda dengan mengunjungi halaman HSBC Kesulitan Keuangan untuk
informasi lebih lanjut.
Mengapa saya harus menghubungi Bank secara
langsung?
Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, sangat disarankan agar Anda menghubungi Bank
secara langsung. HSBC memiliki beberapa solusi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan
Anda. Sebagai informasi, mengalihkan tagihan Anda kepada pihak ketiga yang tidak
diberikan kuasa oleh HSBC seperti street lawyer atau institusi keuangan
lainnya, tidak akan menyelesaikan masalah Anda. HSBC adalah satu-satunya pihak yang
dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah Anda atas semua produk HSBC.
Bagaimana permohonan pengajuan Saya akan
diproses?
Ketika Anda memberitahukan HSBC perihal kesulitan keuangan yang sedang dihadapi, kami
akan menghubungi Anda melalui telepon untuk mengkonfirmasi permohonan bantuan Anda.
Jika diperlukan, kami akan meminta informasi/dokumen tambahan kami agar lebih
memahami tentang kondisi finansial Anda dan menentukan bantuan apa yang paling
tepat. Anda dapat memberikan penjelaskan kondisi Anda yang telah berubah dan apa
yang Anda harapkan agar kondisi Anda dapat menjadi lebih baik di masa yang akan
datang.
Informasi dan dokumen yang kami butuhkan tergantung dari berbagai faktor,
termasuk namun tidak terbatas pada jangka waktu dari program keringanan yang
dibutuhkan dan jenis keringanan yang ditawarkan.
Informasi dan dokumen yang mungkin dibutuhkan :
- Pernyataan tentang kondisi finansial Anda- yang menguraikan tentang pendapatan
dan pengeluaran, aset dan kewajiban, kebutuhan sehari hari dan lain-lain.
- Perjanjian kerja dan/atau slip gaji
- Rekening Koran
- Surat keterangan medis dari dokter atau rumah sakit
- Surat Cerai
Jika kami telah menerima kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda,
langkah Bank selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap pengajuan Anda untuk
mencapai kesepakatan pembayaran yang paling sesuai.
Kunjungi halaman Kesulitan Keuangan HSBC untuk informasi lebih lanjut dan jika Anda
berminat untuk mengajukan permohonan.
Kapan saya akan menerima tanggapan dari
HSBC?
Jika kami telah menerima semua informasi yang diperlukan dan telah mengevaluasi
kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda, kami akan memberitahukan
keputusan kami melalui telepon/email/SMS dalam waktu 7 hari kerja.
Kami akan memberhentikan sementara semua aktifitas penagihan selama proses penilaian
dan kami tidak akan melakukan tindakan yang lebih jauh untuk memulihkan tagihan Anda
atau kami tidak akan mengalihkan akun Anda kepada kolektor pihak ketiga sampai kami
selesai melakukan proses evaluasi dan memberitahukan keputusan akhir dari kami.
Apa yang akan terjadi jika HSBC tidak
menyetujui permohonan saya?
HSBC akan meninjau semua pengajuan, berapapun jumlah tagihan Anda, apapun penyebab
kesulitan finansial atau riwayat pembayaran Anda, dan aktifitas penagihan akan kami
tunda selama proses peninjauan.
Jika permohonan Anda tidak disetujui, dikarenakan kami tidak menerima tanggapan dari
Anda atau untuk alasan lain, Anda diminta untuk tetap mengikuti ketentuan dalam
perjanjian kredit HSBC dan tetap melakukan pembayaran kepada kami ketika dan pada
saat jatuh tempo.
Kami menghargai nasabah kami dan berkomitmen untuk menanggapi semua pengajuan
kesulitan finansial. Jika Anda merasa bahwa kami tidak cukup memahami kondisi Anda,
Anda dapat meminta kepada kami untuk melakukan peninjauan ulang.