Personal

Halaman Kesulitan Keuangan

Untuk Bantuan, telepon ke (021) 5246222 pesawat 83352 atau pesawat 85033



Di HSBC, kami berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi nasabah kami. Jika Anda memiliki masalah keuangan yang mengakibatkan kesulitan dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan atas fasilitas kredit HSBC (Kartu Kredit ataupun Personal Loan) kami dapat bekerja sama dengan Anda untuk menyusun rencana pembayaran atau memberikan Anda solusi pembayaran jangka pendek atau jangka panjang.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang solusi pembayaran kartu kredit atau pinjaman HSBC, staff Manajemen Solusi Pinjaman kami akan membantu Anda untuk mencari dan menyusun metode pembayaran yang mungkin sesuai untuk Anda.


Mendampingi Anda melewati masa sulit

Kami dapat membantu Anda dalam mencari solusi metode pembayaran tagihan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda pada saat ini, misalnya, dengan mengurangi jumlah pembayaran tagihan, penyesuaian bunga dan memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan.

Jenis solusi yang kami tawarkan tergantung dari kondisi nasabah secara individu dan tim Manajemen Solusi Pinjaman kami akan memberikan metode pembayaran yang dapat meringankan beban tagihan Anda.

 

Pengajuan Bantuan untuk Kesulitan Keuangan

Anda dapat mendiskusikan dan mengajukan permohonan bantuan untuk mengatasi kesulitan keuangan Anda kepada HSBC dengan cara berikut:

  • Menghubungi tim Manajemen Solusi Pinjaman kami di nomor telepon +62 21 5246222 pesawat 83352/ 85033 pada jam kerja (Senin-Jumat) dari pukul 08.00-17.00 WIB.
  • Mengunjungi kantor HSBC di Gedung CIBIS NINE Lt 8 dan bertemu dengan tim Manajemen Solusi Pinjaman.
  • Mengirimkan surat melalui pos/kurir tercatat ke alamat :
    PT Bank HSBC Indonesia
    Tim Manajemen Solusi Pinjaman
    Gedung CIBIS NINE Lt 8
    Jl TB Simatupang No 2, RT 001 RW 005
    Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu
    Jakarta Selatan 12560

    Mengirimkan email ke alamat :
    collectionhbid@hsbc.co.id

Permohonan bantuan Anda harus dilengkapi dengan Formulir Pernyataan Kondisi Keuangan (klik disini untuk mengunduh) untuk membantu kami agar lebih memahami kondisi keuangan Anda.

*Jika Anda merupakan nasabah Retail Business Banking dan mengalami kesulitan keuangan dan ingin mengajukan permohonan bantuan, silahkan menghubungi Relationship Manager Anda untuk membahas kondisi Anda. Jenis bantuan untuk Anda mungkin tersedia dalam kondisi tertentu. Aplikasi dan Dokumen tambahan mungkin akan diperlukan.


Bagaimana proses selanjutnya?

Kami akan menghubungi Anda melalui telepon untuk mengkonfirmasi permohonan bantuan Anda. Jika diperlukan, kami akan meminta Anda untuk memberikan beberapa informasi tambahan untuk membantu kami dalam proses pengambilan keputusan. Setelah semua informasi yang diperlukan telah terpenuhi, kami akan memberikan tanggapan atas permohonan bantuan Anda melalui telepon /email /SMS dalam waktu 7 hari kerja.

HSBC akan meninjau semua pengajuan yang kami terima dan melakukan penundaan sementara atas aktifitas usaha penagihan selama proses peninjauan berlangsung.


Perjanjian dengan pihak ketiga

Kami mengerti apabila disaat seperti ini Anda menginginkan adanya pihak ketiga yang mewakili Anda melakukan perjanjian dengan HSBC. Jika Anda memberikan kuasa kepada pihak ketiga, kami membutuhkan surat pelimpahan kuasa dari Anda kepada pihak ketiga yang ditunjuk (ditandatangani oleh pemberi kuasa di atas materai Rp6.000) agar kami dapat membahas rincian akun dan informasi pribadi Anda dengan pihak dimaksud.

Apa yang dimaksud HSBC dengan kesulitan keuangan?

Kesulitan Keuangan terjadi ketika Anda berada dalam situasi dimana Anda tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihan bulanan atas fasilitas kredit HSBC (Kartu Kredit ataupun Personal Loan) sesuai dengan perjanjian kredit dan kewajiban finansial lainnya.

Kesulitan keuangan dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama atau hanya sementara, tergantung dari kondisi Anda pribadi yang dapat disebabkan oleh:

  • Sakit atau kecelakaan
  • Tidak bekerja atau menurunnya pendapatan dan/ atau tunjangan lembur
  • Kematian dari pihak peminjam lainnya atau kematian anggota keluarga
  • Bisnis macet
  • Ganti rugi pekerja
  • Perceraian

Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, silakan kunjungi halaman HSBC Kesulitan Keuangan untuk informasi lebih lanjut.

Bantuan apa saja yang bisa diberikan?

Bantuan kesulitan keuangan yang ditawarkan oleh HSBC dapat berbeda-beda untuk setiap nasabah, termasuk namun tidak terbatas dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut:

  • Kondisi Anda secara individu, kebutuhan dan kondisi keuangan Anda pada saat terjadinya hal-hal atau perubahan tak terduga yang mempengaruhi keadaan pribadi maupun finansial Anda.
  • Jenis fasilitas kredit yang Anda miliki dengan kami (sebagai contoh kartu kredit atau pinjaman).
  • Apakah jangka waktu dari dampak perubahan terhadap kondisi keuangan Anda sudah diketahui .
  • Posisi komersial dari Bank, seperti memastikan konsistensi dari kesulitan, penagihan, resiko kredit dan kebijakan kepatuhan serta aturan-aturan lain yang berdampak pada reputasi dan dampak lainnya.

Bantuan atau program keringanan yang akan diberikan akan ditinjau kasus demi kasus, seperti, memperpanjang jangka waktu pembayaran dari kontrak awal dan mengurangi jumlah tagihan bulanan dari kontrak awal.

  • Pengurangan jumlah tagihan bulanan melalui penyesuaian bunga dan/atau memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan dari kontrak awal.
  • Pengurangan jumlah tagihan melalui penghapusan beberapa biaya bunga dan/atau denda keterlambatan.
  • Program lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihan-pilihan bantuan tersebut diatas dapat ditawarkan Bank apabila Anda telah memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh Bank untuk mengikuti program bantuan dan Anda akan dapat memenuhi kewajiban Anda sesuai dengan perjanjian jangka panjang atau kontrak yang baru, sehingga Anda dapat menjaga status kolektabilitas Anda di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Bagaimana cara saya mengajukan permohonan bantuan untuk kesulitan keuangan?

HSBC menyediakan berbagai cara agar Anda bisa mendiskusikan dan mengajukan bantuan kesulitan finansial Anda dengan mengunjungi halaman HSBC Kesulitan Keuangan untuk informasi lebih lanjut.

Mengapa saya harus menghubungi Bank secara langsung?

Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, sangat disarankan agar Anda menghubungi Bank secara langsung. HSBC memiliki beberapa solusi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai informasi, mengalihkan tagihan Anda kepada pihak ketiga yang tidak diberikan kuasa oleh HSBC seperti street lawyer atau institusi keuangan lainnya, tidak akan menyelesaikan masalah Anda. HSBC adalah satu-satunya pihak yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah Anda atas semua produk HSBC.

Bagaimana permohonan pengajuan Saya akan diproses?

Ketika Anda memberitahukan HSBC perihal kesulitan keuangan yang sedang dihadapi, kami akan menghubungi Anda melalui telepon untuk mengkonfirmasi permohonan bantuan Anda. Jika diperlukan, kami akan meminta informasi/dokumen tambahan kami agar lebih memahami tentang kondisi finansial Anda dan menentukan bantuan apa yang paling tepat. Anda dapat memberikan penjelaskan kondisi Anda yang telah berubah dan apa yang Anda harapkan agar kondisi Anda dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.
Informasi dan dokumen yang kami butuhkan tergantung dari berbagai faktor, termasuk namun tidak terbatas pada jangka waktu dari program keringanan yang dibutuhkan dan jenis keringanan yang ditawarkan.

Informasi dan dokumen yang mungkin dibutuhkan :

  • Pernyataan tentang kondisi finansial Anda- yang menguraikan tentang pendapatan dan pengeluaran, aset dan kewajiban, kebutuhan sehari hari dan lain-lain.
  • Perjanjian kerja dan/atau slip gaji
  • Rekening Koran
  • Surat keterangan medis dari dokter atau rumah sakit
  • Surat Cerai

Jika kami telah menerima kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda, langkah Bank selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap pengajuan Anda untuk mencapai kesepakatan pembayaran yang paling sesuai.

Kunjungi halaman Kesulitan Keuangan HSBC untuk informasi lebih lanjut dan jika Anda berminat untuk mengajukan permohonan.

Kapan saya akan menerima tanggapan dari HSBC?

Jika kami telah menerima semua informasi yang diperlukan dan telah mengevaluasi kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda, kami akan memberitahukan keputusan kami melalui telepon/email/SMS dalam waktu 7 hari kerja.

Kami akan memberhentikan sementara semua aktifitas penagihan selama proses penilaian dan kami tidak akan melakukan tindakan yang lebih jauh untuk memulihkan tagihan Anda atau kami tidak akan mengalihkan akun Anda kepada kolektor pihak ketiga sampai kami selesai melakukan proses evaluasi dan memberitahukan keputusan akhir dari kami.

Apa yang akan terjadi jika HSBC tidak menyetujui permohonan saya?

HSBC akan meninjau semua pengajuan, berapapun jumlah tagihan Anda, apapun penyebab kesulitan finansial atau riwayat pembayaran Anda, dan aktifitas penagihan akan kami tunda selama proses peninjauan.

Jika permohonan Anda tidak disetujui, dikarenakan kami tidak menerima tanggapan dari Anda atau untuk alasan lain, Anda diminta untuk tetap mengikuti ketentuan dalam perjanjian kredit HSBC dan tetap melakukan pembayaran kepada kami ketika dan pada saat jatuh tempo.

Kami menghargai nasabah kami dan berkomitmen untuk menanggapi semua pengajuan kesulitan finansial. Jika Anda merasa bahwa kami tidak cukup memahami kondisi Anda, Anda dapat meminta kepada kami untuk melakukan peninjauan ulang.

Pernyataan Kondisi Keuangan

Formulir Pernyataan Kondisi Keuangan

PT Bank HSBC Indonesia is registered and supervised by Financial Services Authority (OJK), Bank Indonesia (BI)
and also a participant of Indonesia Deposit Insurance Corporation (LPS) guarantee program