Apa yang dimaksud HSBC dengan kesulitan keuangan?
Kesulitan Keuangan terjadi ketika Anda berada dalam situasi dimana Anda tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihan bulanan atas fasilitas kredit HSBC (Kartu Kredit ataupun Personal Loan) sesuai dengan perjanjian kredit dan kewajiban finansial lainnya.
Kesulitan keuangan dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama atau hanya sementara, tergantung dari kondisi Anda pribadi yang dapat disebabkan oleh:
- Sakit atau kecelakaan
- Tidak bekerja atau menurunnya pendapatan dan/ atau tunjangan lembur
- Kematian dari pihak peminjam lainnya atau kematian anggota keluarga
- Bisnis macet
- Ganti rugi pekerja
- Perceraian
Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, silakan kunjungi halaman HSBC Kesulitan Keuangan untuk informasi lebih lanjut.
Bantuan apa saja yang bisa diberikan?
Bantuan kesulitan keuangan yang ditawarkan oleh HSBC dapat berbeda-beda untuk setiap nasabah, termasuk namun tidak terbatas dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut:
- Kondisi Anda secara individu, kebutuhan dan kondisi keuangan Anda pada saat terjadinya hal-hal atau perubahan tak terduga yang mempengaruhi keadaan pribadi maupun finansial Anda.
- Jenis fasilitas kredit yang Anda miliki dengan kami (sebagai contoh kartu kredit atau pinjaman).
- Apakah jangka waktu dari dampak perubahan terhadap kondisi keuangan Anda sudah diketahui .
- Posisi komersial dari Bank, seperti memastikan konsistensi dari kesulitan, penagihan, resiko kredit dan kebijakan kepatuhan serta aturan-aturan lain yang berdampak pada reputasi dan dampak lainnya.
Bantuan atau program keringanan yang akan diberikan akan ditinjau kasus demi kasus, seperti, memperpanjang jangka waktu pembayaran dari kontrak awal dan mengurangi jumlah tagihan bulanan dari kontrak awal.
- Pengurangan jumlah tagihan bulanan melalui penyesuaian bunga dan/atau memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan dari kontrak awal.
- Pengurangan jumlah tagihan melalui penghapusan beberapa biaya bunga dan/atau denda keterlambatan.
- Program lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Pilihan-pilihan bantuan tersebut diatas dapat ditawarkan Bank apabila Anda telah memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh Bank untuk mengikuti program bantuan dan Anda akan dapat memenuhi kewajiban Anda sesuai dengan perjanjian jangka panjang atau kontrak yang baru, sehingga Anda dapat menjaga status kolektabilitas Anda di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).
Bagaimana cara saya mengajukan permohonan bantuan untuk kesulitan keuangan?
HSBC menyediakan berbagai cara agar Anda bisa mendiskusikan dan mengajukan bantuan kesulitan finansial Anda dengan mengunjungi halaman HSBC Kesulitan Keuangan untuk informasi lebih lanjut.
Mengapa saya harus menghubungi Bank secara langsung?
Jika Anda mengalami kesulitan keuangan, sangat disarankan agar Anda menghubungi Bank secara langsung. HSBC memiliki beberapa solusi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai informasi, mengalihkan tagihan Anda kepada pihak ketiga yang tidak diberikan kuasa oleh HSBC seperti street lawyer atau institusi keuangan lainnya, tidak akan menyelesaikan masalah Anda. HSBC adalah satu-satunya pihak yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah Anda atas semua produk HSBC.
Bagaimana permohonan pengajuan Saya akan diproses?
Ketika Anda memberitahukan HSBC perihal kesulitan keuangan yang sedang dihadapi, kami akan menghubungi Anda melalui telepon untuk mengkonfirmasi permohonan bantuan Anda. Jika diperlukan, kami akan meminta informasi/dokumen tambahan kami agar lebih memahami tentang kondisi finansial Anda dan menentukan bantuan apa yang paling tepat. Anda dapat memberikan penjelaskan kondisi Anda yang telah berubah dan apa yang Anda harapkan agar kondisi Anda dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.
Informasi dan dokumen yang kami butuhkan tergantung dari berbagai faktor, termasuk namun tidak terbatas pada jangka waktu dari program keringanan yang dibutuhkan dan jenis keringanan yang ditawarkan.
Informasi dan dokumen yang mungkin dibutuhkan :
- Pernyataan tentang kondisi finansial Anda- yang menguraikan tentang pendapatan dan pengeluaran, aset dan kewajiban, kebutuhan sehari hari dan lain-lain.
- Perjanjian kerja dan/atau slip gaji
- Rekening Koran
- Surat keterangan medis dari dokter atau rumah sakit
- Surat Cerai
Jika kami telah menerima kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda, langkah Bank selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap pengajuan Anda untuk mencapai kesepakatan pembayaran yang paling sesuai.
Kunjungi halaman Kesulitan Keuangan HSBC untuk informasi lebih lanjut dan jika Anda berminat untuk mengajukan permohonan.
Kapan saya akan menerima tanggapan dari HSBC?
Jika kami telah menerima semua informasi yang diperlukan dan telah mengevaluasi kelengkapan informasi mengenai keadaan keuangan Anda, kami akan memberitahukan keputusan kami melalui telepon/email/SMS dalam waktu 7 hari kerja.
Kami akan memberhentikan sementara semua aktifitas penagihan selama proses penilaian dan kami tidak akan melakukan tindakan yang lebih jauh untuk memulihkan tagihan Anda atau kami tidak akan mengalihkan akun Anda kepada kolektor pihak ketiga sampai kami selesai melakukan proses evaluasi dan memberitahukan keputusan akhir dari kami.
Apa yang akan terjadi jika HSBC tidak menyetujui permohonan saya?
HSBC akan meninjau semua pengajuan, berapapun jumlah tagihan Anda, apapun penyebab kesulitan finansial atau riwayat pembayaran Anda, dan aktifitas penagihan akan kami tunda selama proses peninjauan.
Jika permohonan Anda tidak disetujui, dikarenakan kami tidak menerima tanggapan dari Anda atau untuk alasan lain, Anda diminta untuk tetap mengikuti ketentuan dalam perjanjian kredit HSBC dan tetap melakukan pembayaran kepada kami ketika dan pada saat jatuh tempo.
Kami menghargai nasabah kami dan berkomitmen untuk menanggapi semua pengajuan kesulitan finansial. Jika Anda merasa bahwa kami tidak cukup memahami kondisi Anda, Anda dapat meminta kepada kami untuk melakukan peninjauan ulang.