Keamanan Online
Saat ini, sebagian besar penggunaan internet dilakukan melalui komputer atau perangkat seluler dan tablet.
Anda ingin mengirimkan email, chat dan melakukan kegiatan yang menyenangkan secara online serta menggunakannya untuk membeli dan menjual barang sekaligus melakukan kegiatan perbankan.
Sayangnya, hal ini memberikan peluang bagi para pelaku tindak kejahatan untuk:
- Menginfeksi komputer atau perangkat seluler dan tablet Anda dengan malware dan mencuri identitas Anda
- Membebani komputer atau perangkat seluler dan tablet Anda dengan pop-ups dan virus
- Mengirimkan Anda email spam dan scam
- Menipu Anda agar mengunjungi situs web palsu dan mengambil alih informasi pribadi
- Meretas ke dalam jaringan nirkabel Anda
Lindungi diri Anda secara online
Untuk melindungi informasi yang Anda miliki serta menjaga keamanan secara online, ada beberapa cara efektif dan sederhana yang dapat Anda lakukan. Tidak semuanya perlu dilakukan, namun ini merupakan suatu langkah awal yang tepat.
Apa yang harus Anda harus senantiasa lakukan:
Pastikan Anda memiliki keamanan dan patch terbaru
Dari waktu ke waktu, kelemahan ditemukan di dalam program yang berjalan di komputer Anda. Kelemahan ini dapat dieksploitasi oleh pembuat virus dan peretas untuk memperoleh akses ke komputer. Oleh karena itu, penerbit program akan mengeluarkan patch dari waktu ke waktu untuk memperbaiki kelemahan ini.
Untuk memeriksa patch dan pembaruan, Anda harus mengunjungi situs penerbit, biasanya terdapat di bagian unduh (download). Pada umumnya, versi terbaru dari keluarga sistem operasi (seperti Microsoft Windows) atau penjelajah web (browser) (seperti Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, dsb.) adalah yang paling aman.
Pengguna Microsoft dapat mengunjungi https://www.microsoft.com/en-us/download/windows, yang dapat secara otomatis memeriksa apa yang diperlukan untuk sistem operasi dan penjelajah web (browser) Anda, lalu mengunduhnya sesuai dengan permintaan Anda.
Pengguna Apple Mac dapat mengunjungi https://www.apple.com/downloads , lalu menuju Software Update yang menampilkan daftar pembaruan keamanan terbaru yang siap diunduh. Atau, dengan mengklik Menu Apple di perangkat Mac dan memilih Software Update, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda sudah menggunakan pembaruan keamanan terbaru.
Pasang perangkat anti-virus
Perangkat lunak anti-virus melindungi Anda, privasi Anda, dan uang Anda.
Virus merupakan berita buruk. Mereka mencuri informasi pribadi, mengambil alih kendali PC Anda, memunculkan iklan yang tidak diinginkan, dan bahkan dapat menggunakan komputer Anda untuk menyerang komputer orang lain.
Anda mungkin juga mendengar virus juga disebut dengan malware, trojan, spyware, atau adware.
Perangkat lunak anti-virus melindungi Anda dari semua itu.
Agar berfungsi dengan benar, perangkat lunak anti-virus harus mengunduh pembaruan secara rutin melalui internet. Perangkat lunak anti-virus yang sudah usang akan memiliki cacat.
Setiap berkas/file yang tidak memiliki ekstensi (misalnya, hanya bernama 'file') atau memiliki ekstensi ganda (misalnya 'file.wow.jpg) hampir pasti merupakan virus dan jangan pernah dibuka.Selain itu, jangan pernah membuka lampiran email yang tidak Anda kenal, terutama lampiran yang mengandung file yang berakhiran dengan .exe, .pif, dan .vbs karena file tersebut pada umumnya dipakai dengan menggunakan virus.
Sebaiknya Anda memasang perangkat lunak anti-virus jika belum memilikinya. Ada banyak program efektif yang dapat dipilih, tetapi produk komersial yang paling umum digunakan termasuk McAfee, Trend Micro, Sophos, Symantec dan F-Secure. Anda juga dapat memperoleh perlindungan anti-virus gratis dari Microsoft Security Essentials, Grisoft AVG Anti-Virus, Avira, Avast dan ClamWin.
Pengunduhan perangkat lunak McAfee hanya tersedia untuk pengguna PC.
Namun demikian, pastikan untuk mengunjungi situs aslinya karena ada banyak produk palsu yang mengaku mampu melindungi komputer Anda, tetapi sebaliknya malah menginfeksi virus.
Selalu perbarui perangkat lunak dan browser
Virus akan lebih sulit menginfeksi perangkat lunak yang sudah diperbarui.
Para pembuat virus memanfaatkan bugs perangkat lunak untuk menginfeksi komputer. Perusahaan perangkat lunak memperbaiki bugs dengan pembaruan gratis yang dapat diunduh. Perangkat lunak terbaru akan memeriksa pembaruan secara otomatis. Sebaiknya Anda memasang pembaruan untuk perangkat lunak sesegera mungkin setelah tersedia.
Berhati-hatilah dengan email palsu yang berisi pembaruan palsu. Gunakan perangkat lunak pembaruan yang ada di dalam komputer Anda - jangan klik tautan di dalam email. Anda dapat memeriksa apakah komputer Windows Anda sudah diperbarui dari menu Pengaturan dan pilih Windows Update.
Untuk memastikan bahwa Anda menggunakan perangkat lunak terbaru di Apple Mac, Anda dapat mengklik dari Menu Apple dan pilih Software Update.
Sama halnya dengan perangkat lunak komputer, program lain juga perlu diperbarui. Program yang digunakan untuk melihat situs web disebut dengan penjelajah web (browser). Penjelajah web (browser) modern akan memberi peringatan jika Anda mengunjungi situs web palsu dan menjadi lebih sulit untuk terkena infeksi virus. Sebaiknya Anda memasang penjelajah web (browser) yang sudah diperbarui. Ada beberapa penjelajah web (browser) yang dapat dipilih dan semuanya gratis.
Jika Anda telah memperbarui program/sistem komputer secara rutin, penjelajah web (browser) Anda juga akan secara otomatis diperbarui.
Pahami bagaimana para kriminal menggunakan internet
Pelaku kejahatan menggunakan internet untuk mencari uang. Ada banyak cara yang mereka gunakan untuk mendapatkan uang secara online. Mereka dapat:
- Mencuri kata sandi dan data bank Anda dengan menggunakan virus, email palsu, dan situs web palsu
- Meminta Anda untuk memberikan data keamanan
- Mengirim spam dengan penawaran dan produk palsu
- Mengambilalih kendali komputer Anda dan menggunakannya untuk menyerang komputer orang lain
- Menggunakan virus untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan di PC Anda
Kami menangani keamanan dan privasi perbankan Anda dengan sangat serius.
Perlindungan diri dan uang Anda dimulai dari kebijakan Anda dalam menggunakan internet. Pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak Anda untuk memperkuat keamanan perangkat Anda dan selalu mengakses situs web terpercaya untuk menghindari kejahatan online.
Hindari penipuan secara online
Jika memang terlalu indah untuk menjadi nyata, mungkin memang ada yang salah.
Ketika melindungi diri dan uang Anda di internet, berhati-hatilah dengan penawaran yang tidak masuk akal.
Pelaku kejahatan mungkin menghubungi Anda melalui email, situs yang Anda gunakan, via SMS, atau bahkan melalui telepon. Anda harus waspada karena mereka dapat begitu sangat meyakinkan.
Berikut ini beberapa tanda peringatan:
- Janji yang muluk. "Anda telah memenangkan undian"
- Ancaman besar. "Akun Anda telah diretas"
- Dorongan palsu untuk segera bertindak. "Bertindak sekarang atau akan terlambat"
- Kerahasiaan yang tidak perlu. "Jangan memberitahukan siapa pun"
- Tidak alasan bagi mereka untuk menghubungi Anda. Apakah Anda pernah membeli tiket undian?
- "Peluang usaha" yang melibatkan penyimpanan atau penerimaan uang untuk orang yang tidak dikenal
Jika lampiran terlihat mencurigakan, jangan dibuka. Jangan memasang perangkat lunak kecuali berasal dari situs web yang terpercaya. Jika mencurigakan, jangan terburu-buru mengambil keputusan.
Jika mencurigai adanya masalah pada internet banking pribadi atau bisnis Anda, hubungi kami terlebih dahulu.
Pelajari cara untuk mengetahui email dan situs web palsu
Pelaku kejahatan menggunakan email palsu dan situs web palsu untuk menipu Anda.
Mereka melakukan ini agar mereka mendapatkan informasi seperti kata sandi dan rincian bank Anda. Kejahatan ini disebut sebagai 'phishing'.
Sebagai contoh, pelaku kejahatan ini mungkin mengirimkan Anda email yang sepertinya berasal dari Kami dan mungkin berisi link ke situs web yang penampakannya persis seperti ini. Saat Anda mencoba masuk, mereka dapat mencuri kata sandi Anda. Mereka juga dapat meminta Anda untuk menelepon atau membalas melalui email.
Pelaku kejahatan dapat membuat email dan situs web palsu terlihat realistis. Berwaspadalah jika Anda melihat:
- Email atau alamat web yang tampak aneh
- Desain buruk, kesalahan ketik, atau ejaan buruk
- Permintaan untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa
- Situs tidak menampilkan simbol gembok di bagian atas halaman alamat web
Jika Anda ragu, berhentilah. Jangan klik tautan apa pun. Jangan buka lampiran apa pun. Teruskan email tersebut ke phishing@hsbc.com dan kami akan menyelidikinya untuk Anda.
Jaga keamanan Kata Sandi dan informasi pribadi Anda
Penipu menggunakan informasi pribadi dari beberapa sumber untuk mencuri identitas orang lain.
Virus merupakan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Tetapi mereka juga menggunakan dokumen kertas yang berisi data pribadi, seperti tanda terima dan laporan bank.
Penipu menggunakan banyak metode seperti pencarian di tempat sampah untuk memperoleh dokumen kertas.
Anda harus melakukan tindakan pencegahan sederhana untuk menjaga keamanan data dan membuang dokumen kertas dengan aman, seperti menghancurkan atau merobek dokumen sebelum membuangnya.
Anda mungkin juga ingin beralih menggunakan laporan online.
Lindungi kata sandi Anda seperti kata sandi HSBC Indonesia Mobile Banking ataupun HSBCNet yang memberikan Anda akses ke rekening bank Anda.
Ketika membuat kata sandi, ingatlah beberapa hal berikut:
- Jangan memberitahukan kepada yang lain: Tidak seorang pun di HSBC yang akan meminta kata sandi internet banking Anda
- Buatlah kata sandi yang sulit ditebak
- Jadikan bervariasi: Berusaha menggunakan kata sandi yang lain untuk layanan berbeda
- Ubah kata sandi secara rutin
- Jangan pernah menulis kata sandi
Jangan memberitahukan informasi pribadi secara online
Periksa ulang pengaturan privasi pada situs jejaring sosial.
Siapa nama gadis ibu Anda? Apa nama sekolah pertama Anda? Apa mata pelajaran kesukaan Anda di sekolah? Alamat tempat tinggal Anda? Tanggal lahir? Nomor telepon?
Semua informasi ini berguna bagi orang-orang yang ingin mencuri identitas Anda atau ingin membobol akun mobile banking Anda. Anda tidak akan memberikan informasi ini kepada orang asing di jalan tetapi jika menggunakan situs jejaring sosial, sepert Facebook atau X, Anda dapat membagikan data pribadi secara berlebihan.
Anda mungkin perlu mempertimbangkannya secara hati-hati mengenai informasi yang Anda tulis di profil pada situs-situs semacam itu. Sebaiknya Anda memeriksa pengaturan privasi di setiap situs yang digunakan, untuk memastikan bahwa Anda hanya membagikan informasi pribadi kepada orang-orang yang Anda percaya.
Perlu diingat bahwa Anda harus melakukan semua tindakan pencegahan yang seharusnya untuk menjaga keamanan data pribadi Anda dan mencegah penggunaan yang tidak sah terhadap detail kartu dan keamanan. Jika ada informasi yang menjadi bagian dari data keamanan, Anda harus memastikan untuk tidak mengungkapkannya kepada orang lain - lihat syarat dan ketentuan rekening yang berlaku untuk keterangan lebih lanjut.
Amankan jaringan nirkabel Anda
Jaringan nirkabel membuat komputer Anda tersambung dengan internet tanpa harus menggunakan kabel. Jaringan ini biasanya memiliki router nirkabel, yang menggunakan sinyal radio untuk mentransfer data ke komputer di dalam jaringan. Beberapa router nirkabel disertai dengan pengaturan awal yang sangat tidak aman untuk membantu pengguna tersambung untuk pertama kalinya - tetapi hal ini juga berarti orang lain dapat mengakses akun internet Anda dengan sangat mudah. Karena alasan ini, Anda harus selalu membaca panduan atau petunjuk online untuk mengetahui cara tersambung ke internet secara lebih aman melalui jaringan nirkabel - biasanya dengan membuat kata sandi.
Lindungi perangkat seluler dan tablet Anda
Perangkat seluler dan tablet Anda mungkin berisi banyak informasi pribadi - jagalah dengan baik. Bahkan Anda mungkin menggunakannya untuk mobile banking, mengunduh aplikasi seluler, dan belanja online.
Contohnya, pelaku kejahatan dapat mengirimkan Anda email yang seakan-akan berasal dari kami dan mungkin berisi tautan ke situs web yang terlihat seperti ini. Ketika Anda berusaha untuk masuk, mereka mencuri kata sandi Anda. Mereka juga dapat meminta Anda melakukan panggilan telepon atau membalas melalui email.
Anda mungkin perlu mempertimbangkan tentang:
- Pengaturan dan penggunaan kode PIN keamanan
- Menyesuaikan pengaturan ponsel sehingga terkunci secara otomatis jika Anda tidak menggunakannya selama lima atau sepuluh menit
- Tidak menyimpan kata sandi atau informasi penting lainnya di ponsel dengan cara yang dapat dimengerti oleh orang lain
- Tidak menyimpan nomor telepon dan alamat rumah dengan label 'home' di daftar kontak (Anda tidak ingin pencuri mengetahui alamat Anda dan memeriksa keberadaan Anda di rumah)
- Jangan menggunakan ponsel Apple® iPhone® yang telah dibuka kuncinya (jailbroken), ponsel Android™ yang diubah sistemnya (rooted) atau perangkat seluler lain yang telah mengalami jailbroken atau rooted. Hal ini karena proses jailbroken dan rooted menghapus fitur keamanan yang penting
- Pelaku kejahatan mungkin juga membuat aplikasi seluler palsu yang seakan-akan mirip dengan aplikasi kami sehingga ketika Anda berusaha untuk masuk, mereka dapat mencuri kata sandi Anda. Pastikan aplikasi seluler diunduh dari toko aplikasi tepercaya.
- Hanya memasang aplikasi pada perangkat Anda dari toko aplikasi tepercaya, misalnya App Store® dan Google Play™
- Jika kehilangan ponsel, segera laporkan kepada penyedia ponsel Anda. Catat nomor IMEI ponsel Anda (tekan *#06# untuk mendapatkannya). Hal ini akan mempermudah perusahaan ponsel Anda untuk menonaktifkan ponsel yang dicuri.
Pengelolaan secara offline
- Tinjau laporan kartu kredit dan bank Anda apakah ada transaksi atau penarikan yang tidak wajar dan segera memberitahukan kepada bank jika Anda mencurigai adanya ketidaksesuaian
- Beri tahu kepada kami mengenai setiap perubahan dalam data pribadi Anda (misalnya, perubahan alamat)
- Jaga keamanan catatan kertas Anda. Simpan dokumen bank Anda di tempat yang aman. Selalu hancurkan dokumen tersebut ketika sudah tidak lagi diperlukan
- Jika Anda berencana untuk membatalkan kartu kredit/bank (atau sudah tidak lagi berlaku), segera hancurkan kartu dengan memotongnya menjadi dua melewati nomor rekening dan strip magnetik
Bagaimana HSBC melindungi Anda secara online
Kami senantiasa meninjau cara kami dalam membantu dan mendukung Anda. Pendekatan proaktif kami mencakup bertemu dengan beberapa pakar keamanan terkemuka dunia untuk membahas masalah utama dan mengadakan inisiatif bersama untuk meningkatkan keamanan online Anda.
Kami melindungi Anda dengan:
- Memberikan akses hanya kepada 1 perangkat untuk menggunakan HSBC Indonesia Mobile Banking. User ID Anda tidak akan pernah bisa diakses melalui perangkat lain menggunakan informasi logon yang benar sekalipun; selama sudah terhubung dengan perangkat Anda.
- Menggunakan kata sandi atau Face ID saat Anda login ke HSBC Indonesia Mobile Banking untuk memastikan bahwa kami sedang melayani Anda. Transaksi dan akses online pada rekening Anda hanya dapat dilakukan setelah Anda diotentikasi menggunakan verifikasi biometric, PIN dan detail keamanan yang benar.
- Mendeteksi Aplikasi yang Mencurigakan. HSBC Indonesia Mobile Banking secara aktif mendeteksi perangkat nasabah. Jika terdeteksi aplikasi yang diunduh bukan dari pusat aplikasi resmi (App Store atau Google Play Store), maka HSBC Indonesia Mobile Banking tidak dapat dibuka.
- Mencegah akses papan ketik (keyboard) pihak ketiga. Pencurian informasi dapat dilakukan melalui keyboard yang terdapat pada perangkat Anda. HSBC Indonesia Mobile Banking tidak dapat dibuka jika Anda mengaktifkan keyboard yang tidak diizinkan. Demi kelancaran Anda dalam mengakses HSBC Indonesia Mobile Banking, Anda disarankan untuk menggunakan keyboard bawaan resmi seperti Gboard dan iOS keyboard.
- Menggunakan Two Factor Authentication untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan. Secure Key atau Security Device merupakan perangkat Two Factor Authentication yang akan membantu melindungi Anda dari penipuan. Teknologi ini dirancang untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses informasi pribadi Anda.
- Keluar secara otomatis (session timeouts). Jika Anda lupa keluar (log off) setelah melakukan aktivitas perbankan secara online atau jika perangkat seluler Anda tidak aktif selama beberapa waktu, sistem kami akan mengeluarkan Anda secara otomatis.
- Penguncian secara otomatis. Setelah beberapa percobaan masuk yang gagal, kami akan menonaktifkan akses online ke rekening Anda. Untuk mengaktifkan kembali rekening, Anda harus menghubungi nomor helpdesk yang biasa Anda gunakan.
- Sesi online yang aman. Ketika Anda masuk ke dalam situs web HSBC, bisa dikatakan Anda berada di dalam sesi yang aman. Anda dapat mengetahui bahwa sesi tersebut aman jika alamat URL dimulai dengan https:// dan simbol gembok muncul di bagian atas halaman sebagai bagian dari alamat web.
- Pengunaan enkripsi. Kami menggunakan enkripsi SSL 128-bit, yang diterima sebagai standar industri.