Apa itu Touch ID / Face ID?
Touch ID / Face ID merupakan fitur yang disediakan oleh Bank untuk log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking dengan menggunakan data biometrik Anda.
Suatu cara yang mudah dan aman dalam mengakses Aplikasi HSBC Mobile Banking dengan menggunakan fitur Touch ID / Face ID pada perangkat mobile Anda.
Fitur ini memberikan Anda akses fungsi Aplikasi HSBC Mobile Banking yang sama ketika Anda log on menggunakan Username, Kata Sandi, dan Kata Sandi Kedua ("Log on Dual Password").
Apakah Touch ID / Face ID dapat digunakan untuk log on ke dalam Aplikasi HSBC Mobile Banking?
Ya, setelah Anda mengaktifkan Touch ID / Face ID (mengacu pada bagian "Pengaturan Touch ID / Face ID"), maka Anda dapat menggunakannya untuk log on ke dalam Aplikasi Mobile Banking HSBC.
Perangkat apa saja yang dapat menggunakan fitur Touch ID / Face ID untuk log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking?
Touch ID hanya tersedia untuk perangkat Apple iPhone 5s atau seterusnya, dengan iOS 10.1.1 atau keatas. Saat ini Touch ID belum tersedia untuk perangkat mobile jenis Android.
Face ID saat ini hanya tersedia untuk Apple iPhone X dan seterusnya dengan iOS 11.0.0 atau keatas. Face ID tidak tersedia untuk perangkat Android.
Bagaimana cara pengaktifan fitur Touch ID / Face ID untuk log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking?
Anda dapat mengaktifkan Touch ID / Face ID setelah Anda log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking dengan mengikuti petunjuk di layar. Mohon diingat bahwa Anda harus melakukan pengaturan Touch ID / Face ID di perangkat Anda sebelum mengaktifkan fitur ini.
Hanya pengaturan Touch ID / Face ID yang tersimpan dalam perangkat Anda yang dapat digunakan untuk mengakses Aplikasi HSBC Mobile Banking.
Apakah saya masih bisa log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking jika sidik jari (Touch ID) / wajah (Face ID) saya tidak dikenali?
Ya. Anda masih bisa log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking dengan menggunakan Username, Kata Sandi, dan Kata Sandi Kedua atau Kode Keamanan dari Token milik Anda.
Dapatkah saya menggunakan fitur Touch ID / Face ID untuk log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking jika ada lebih dari satu data sidik jari (Touch ID) / wajah (Face ID) yang tersimpan dalam perangkat saya?
Ketika Anda mengaktifkan fitur Touch ID / Face ID dalam Aplikasi HSBC Mobile Banking, semua data biometrik yang tersimpan dalam perangkat Anda dapat digunakan untuk log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking, tidak terkecuali data biometrik yang diperbaharui dikemudian hari. Anda disarankan hanya mengaktifkan Touch ID / Face ID jika hanya ada informasi/data Touch ID / Face ID milik Anda saja yang tersimpan dalam pengaturan perangkat Anda. Mohon diingat, penyalahgunaan akun Anda dan segala kerugian yang terjadi menjadi tanggung jawab Anda jika Anda tidak menjaga keamanan telepon seluler Anda dengan baik, atau jika terdapat data Touch ID / Face ID yang bukan milik Anda pada pengaturan biometrik di perangkat Anda. Anda dapat menambah dan menghapus Touch ID / Face ID di pengaturan perangkat mobile Anda.
Bagaimana cara menonaktfikan fitur Touch ID / Face ID?
Ada 2 cara untuk menonaktifkan fitur Touch ID / Face ID.
- Anda dapat menonaktifkan fitur Touch ID / Face ID melalui Menu Pengaturan setelah Anda log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking; atau
- Anda dapat menghapus semua data yang terdaftar di pengaturan Touch ID / Face ID Anda atau menghapus passcode perangkat Anda di pengaturan perangkat.
Bagaimana jika perangkat yang sudah diaktifkan Touch ID / Face ID saya hilang atau dicuri?
Segera hubungi Contact center kami di 1500808 untuk melaporkan kehilangan perangkat
Mohon diingat, penyalahgunaan akun Anda dan segala kerugian yang terjadi sebelum Anda melakukan pelaporan penyalahgunaan ID Internet Banking, Kata Sandi, PIN, Touch ID / Face ID atau kode token dikarenakan pencurian, diketahui, dan/atau diakses orang lain, ke Bank menjadi tanggung jawab Anda. Mohon mengacu pada Syarat- syarat dan Ketentuan untuk Layanan Jasa Perbankan melalui Internet (Personal Internet Banking) untuk detil lebih lanjut.
Apakah data sidik jari (Touch ID) / wajah (Face ID) saya akan tersimpan di Aplikasi HSBC Mobile Banking atau didalam database HSBC manapun?
Tidak. Data sidik jari (Touch ID) / wajah (Face ID) Anda tidak akan disimpan didalam Aplikasi HSBC Mobile Banking atau database HSBC manapun.
Apa saja fungsi yang dapat saya akses ketika log on kedalam Aplikasi HSBC Mobile Banking dengan fitur Touch ID / Face ID?
Log on Aplikasi HSBC Mobile Banking menggunakan fitur Touch ID / Face ID memberikan Anda akses yang sama seperti Log On Dual Password, yaitu Anda dapat melakukan akses ke fungsi terbatas berikut:
- Melihat Rangkuman Rekening, Riwayat Transaksi Rekening, Riwayat Transaksi Kartu Kredit, Informasi Suku Bunga, Kalkulator Valuta Asing dan Membaca Pesan
- Melihat fitur produk dan membuka deposito berjangka, serta
- Melakukan transfer antara rekening HSBC dalam negeri Anda sendiri (termasuk Rekening Gabungan dan pembayaran Rekening HSBC Kartu Kredit Anda sendiri)
Untuk mendapatkan akses penuh kedalam fungsi aplikasi HSBC Mobile Banking, Anda harus menggunakan kode keamanan dari Token milik Anda.
Berapa banyak upaya logon yang diperbolehkan menggunakan Touch ID / Face ID?
Percobaan gagal menggunakan Touch ID / Face ID dibatasi 3 kali. Setelah percobaan gagal yang ke-3, Anda akan diminta untuk log on menggunakan Username, Kata Sandi, dan Kata Sandi Kedua atau Kode Keamanan dari Token milik Anda.
Apakah sambungan internet dibutuhkan untuk melakukan pengaturan fitur Touch ID / Face ID?
Sambungan internet tidak dibutuhkan untuk menyimpan data sidik jari / wajah di perangkat mobile Anda. Namun, Anda memerlukan sambungan internet untuk mengunduh, memakai, dan mengaktifkan fitur log on menggunakan Touch ID / Face ID di dalam Aplikasi HSBC Mobile Banking.
Apa yang terjadi jika saya menerima panggilan telepon disaat saya sedang mengaktifkan Touch ID / Face ID?
Anda akan diminta untuk log on ke Aplikasi Mobile Banking dan mengaktifkan fitur log on dengan Touch ID / Face ID kembali.